Kamis, 05 September 2013

Angelology

Oleh : Daniel Fs, S.Psi

Picture

Angelology adalah Ilmu yang mempelajari tentang segala hal tentang malaikat, Gereja Orthodox Timur memperingati hari malaikat dalam dua lingkaran waktu, yaitu dalam lingkaran waktu mingguan adalah setiap hari Senin dan dalam lingkaran tahunan adalah setiap tanggal 21 November.

Telah banyak tulisan dari Bapa Gereja mengenai malaikat, antara lain dari Js.Dionysius Areopagite (murid Rasul Paulus) dalam bukunya Celestial Hierarchy, Js.Yohanes Damaskus, Js.Yohanes Kassian, Js.Basilius Agung, Js.Gregory Theolog, Js.Ambrose Milan, Js.Dimitri Rostov dan masih banyak lagi. Para Bapa Gereja tersebut sama-sama mencatat bahwa malaikat diciptakan dari kehampaan. Malaikat memiliki intelektual dan kehendak bebas. Para malaikat ini kemudian ditempatkan pada Sorga tingkat ketiga (Firdaus).

Selanjutnya, menurut tulisan dari Js.Dionysius Areopagite, Jenjang kemalaikatan terdiri atas 9 hierarki dalam 3 lapisan (sphere),


I. Lapisan Atas

Lapisan Atas kemalaikatan adalah yang tertinggi dan paling dekat dengan Allah Trinitas.

1) Seraf
Seraf (jamak: Serafim) memiliki arti nama “berapi”, Seraf adalah malaikat bersayap 6 (3 pasang), dengan bentuk seperti api, dan berada disekeliling Hadirat Allah untuk memancarkan kehangatan kasih Allah.

2) Kerub
Kerub (jamak: Kerubim) memiliki arti nama “kelimpahan pemahaman yang agung”, Kerub memiliki banyak mata dan tak henti-hentinya mengingat Allah (Theoria) serta memancarkan pengetahuan akan misteri Allah dan kedalaman kebijaksanaanNya. Sebelum peristiwa pemberontakannya, Lucifer (Heylel/Sataniel) adalah salah satu malaikat pada jenjang ini.

3) Ophan (Throne/Takhta)
Ophan (jamak: Ophanim) adalah wujud yang hidup, dan bukan berarti bahwa Ophan adalah Takhta dari Esensi Allah melainkan merupakan Takhta dari Energi Allah menurut rahmat yang diberikan kepadanya sebagai bentuk pelayanan kepada Allah. Ophan memancarkan keadilan Allah terutama bagi para hakim, para raja dan pemimpin dalam memberikan penghakiman.

II. Lapisan Menengah

4) Kyriotetas (Dominion)
Dominion memberikan kekuatan kepada pemerintah yang saleh di bumi sehingga dapat memerintah wilayahnya dengan bijaksana dan penuh pengertian, selain itu juga mengajarkan manusia untuk menguasai hasrat dan kehendak, menaklukkan kedagingan pada roh, dan membangkitkan manusia diatas pencobaan.

5) Dynamas (Virtue)
Virtue penuh dengan kuasa Ilahi dan secara cepat menggenapi kehendak Allah, yang mengerjakan mujizat Allah pada para orang-orang kudus. Virtue juga membantu dalam pekerjaan dan beban yang berat, memberikan roh yang kuat , ketaatan, kesabaran, keberanian yang disertai dengan kerendahan hati, ucapan syukur kepada Allah.

6) Exusias (Power/Authority)
Power memiliki kuasa menundukkan Iblis, menahan roh-roh jahat, menolak godaan, serta mencegah serangan roh-roh jahat. Power memberikan kekuatan hidup asketik dalam pergumulan rohani.

III. Lapisan Bawah

7) Archas (Principality)
Principality memerintahkan hierarki malaikat yang lebih rendah dalam menggenapi perintah Ilahi, mengatur alam semesta dan mengatur malaikat pelindung dari segala kerajaan dibumi dan bahkan bagi setiap manusia, mengajarkan penghormatan kepada pemimpin, dan kepada pemimpin untuk mengunakan kuasanya secara layak.

8) Archangelos (Penghulu Malaikat)
Penghulu Malaikat membantu dalam penyingkapan misteri iman, nubuat, dan pemahaman kehendak Allah, memberikan terang Injil dalam batin manusia dan meningkatkan kedalaman iman manusia.
Kitab Suci dan Tradisi Rasuli mencatat adanya 7 Penghulu Malaikat Sorga (Tob 12:15), antara lain:
a. Mikhael (Dan 10:13, Yud 1:9, Why 12:7)
Arti namanya adalah "Siapakah Seperti Allah?",
Penghulu Malaikat Mikhael merupakan pemimpin yang setia dari 9 hierarki malaikat, penakluk roh-roh jahat, dan pelindung umat Kristen.
b. Gabriel (Dan 8:16, Luk 1:26)
Arti namanya adalah "Kekuatan Allah",
Penghulu Malaikat Gabriel adalah pembawa berita dari Allah
c. Rafael (Tob 3:16, 12:15)
Arti namanya adalah "Kesembuhan Dari Allah".
Penghulu Malaikat Rafael membantu manusia dalam menyembuhkan sakit penyakit, penderitaan dan pengusiran roh-roh jahat.
d. Uriel/Yeremiel (2Esd 5:20)
Arti namanya adalah "Api & Terang Allah".
Penghulu Malaikat Uriel kadangkala disebut juga dengan Penghulu Malaikat Yeremiel (3Ezd 4:36) yang membantu manusia dalam mengenal terang pengetahuan Ilahi dan kehangatan kasih Allah serta menghancurkan kenajisan duniawi.
e. Selafiel/Salafiel
Arti namanya adalah "Yang Berdoa Kepada Allah".
Penghulu Malaikat Selafiel membantu manusia sebagai pengajar dalam hal doa kepada Allah.
f. Yehudiel/Yegudiel
Arti namanya adalah "Yang Memuliakan Allah".
Penghulu Malaikat Yehudiel membantu manusia dalam jerih payah mereka (baik secara jasmani maupun rohani) dan memberikan jalan keluar kepada permasalahan yang sulit.
g. Barakhiel
Arti namanya adalah "Berkat-Berkat Dari Allah".
Penghulu Malaikat Barakhiel membantu manusia dalam menemukan berkat-berkat Allah, bukan hanya kemakmuran saja melainkan juga berkat Salib Kristus.

9) Angelos (Malaikat)
Malaikat merupakan jenjang yang paling dekat dengan manusia, secara setia memimpin manusia kepada kebajikan dan kehidupan kudus, melindungi umat percaya dari kejatuhan dan mengangkat mereka yang telah terjatuh.



Devosi Malaikat

Picture Mzm 91:11
11. sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

Doa Malaikat Pelindung
Malaikat dari Allah, pelindung kudusku, berikanlah kepadaku perlindungan dari Allah di Sorga, aku bersungguh-sungguh memohon kepadamu: terangilah aku dan jagalah aku dari segala kejahatan, ajarkanlah aku dalam segala kebajikan dan arahkanlah aku pada jalan keselamatan. Amin.

Doa Para Malaikat
Oh Penghulu Malaikat Kudus dan Para Malaikat, doakanlah kami orang berdosa ini kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar