Kamis, 05 September 2013

Tata Cara Sholat Gereja Orthodox

Oleh : Rm. Dcn Damaskinos Arya

Tata Cara Sholat yang benar dalam iman Kristiani yang Orthodox, tentu saja harus memiliki dasar Kitab Suci.


DIAWALI DENGAN BERWUDHU

Keluaran 40:32
Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan dan apabila mereka datang mendekat kepada mezbah itu, maka mereka membasuh kaki dan tangan--seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa.

Dengan mengucap doa sesuai dengan pendarasan Mazmur Daud.

Mazmur 26 : 6 - 12

Aku hendak membasuh tanganku dalam kemurnian, ya Tuhan. [Membasuh Tangan]

Dan aku hendak melayani di depan hadiratMu. [Membasuh Lengan]

Aku hendak mendengar suara kepujianMu. [Membasuh Telinga]

Dan memberitakan semua keajaibanMu. [Berkumur]

Ya Tuhan, aku telah mencintai keindahan BaitMu, tempat dimana kemuliaanMu bersemayam. Janganlah kiranya Engkau menghancurkan jiwaku bersama orang-orang berdosa, janganlah pula pada hidupku bersama orang-orang penumpah darah yang tangannya penuh dengan suap. [Membasuh Wajah]

Namun aku ini telah berjalan [Membasuh Telapak Kaki] di dalam kemurnian. Tebuslah aku, ya Tuhan, dan kasihanilah aku.

Kakiku [Membasuh Seluruh Kaki] terletak dijalan yang lurus, di dalam jemaatMu, ya Tuhan, aku hendak memberkatiMu.

SHOLAT DILAKSANAKAN DENGAN BERKIBLAT KE TIMUR

Mazmur 138:2
... Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu.

Ke arah Bait Allah aku hendak bersujud, dimanakah Bait Allah itu? Bukankah sudah roboh?

Yohanes 2 : 19 - 22
Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.
Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya, dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus.

Bait Allah itu adalah Yesus sendiri, dimanakah Yesus sekarang bertahta?

Lukas 23:43
Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Dimanakah Taman Firdaus itu?

Kejadian 2:8
Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu.

Taman Firdaus itu letaknya Di sebelah Timur, Jadi inilah sebabnya mengapa Gereja Purba yang Orthodox melaksanakan Sholat dan Liturgianya menghadap ke timur, karena di sanalah Bait Allah itu berada yaitu di Firdaus, Yesus sendiri. Inilah kiblat yang berpusat kepada Kristus (Kristosentris).

Alasan lain mengapa Gereja Orthodox penyembahannya menghadap ke Timur karena sebagai bentuk pengharapan akan kedatangan Yesus yang kedua itu.

Matius 24:27
Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia.

JEMAAT MELAKSANAKAN SHOLAT TIGA KALI SEHARI

Daniel 6 : 10
... Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia bersujud, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya.

We Shalom Aleikhem Be Shem Ha Masiakh


11 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Berarti tata cara ibadah islam meniru tata cata ibadah kristen othodox,banyak orang tidak tau termasuk orang islam sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berawal dari nabi dan rasul dalam islam .. dan isa putra maryam beragama islam .. dan isa putra maryam lahir sebelum nabi muhammad saw.. yg intinya dari adam islam sudah ada..

      Hapus
    2. Mamat peniru, semua Cara tata Ibadah orang kristen dan yahudi di tirunya. Bahkan cara berpakaian pun umat nya banyak yg niru, mulai dari Pake peci pake dan baju koko jelas itu tradisi kristen dan yahudi, dan baju koko punya China.

      Hapus
    3. Ya, akar ajarannya dr sana, dan setelah Yesus TDK ada nabi nabi lain.

      Hapus
  3. Boleh minta pnduan bacaanya saat berdiri ruku dan sujud.. Saya katolik. Mohob bgt d bales y.

    BalasHapus
  4. Makasih artikelnya menambah wawasan

    BalasHapus
  5. Kristen Ortodox adalah teman dekat Islam di akhir zaman , dalam QS Al Maidah 82, Allah Maha Tahu

    BalasHapus
  6. Saya Kristen Protestan tp sangat tertarik utk belajar tentang Kristen Timur dan ibadat Kristen mula mula. Mohon panduan tata cara wudhu.. shalat dan bacaan doanya. Tks.

    BalasHapus
  7. Suara ny ga jelas, jadi ga denger doa-2 ny
    Padahal saya pengen bgt belajar sholat kristen ortodoks.
    Mohon di buatkan teks doa-2ny...biar lebih mudah di pelajari.

    BalasHapus
  8. Terima kasih , menambah wawasan kami sebagai pengikut YESUS.Di indoneasia apa sudah ada kristen ortodoks ?. Kalau ada di mana ?. & tolong kirim teks doanya ketika sementara solat.

    BalasHapus